Siap kerja 

PENDAHULUAN

   Pengertian

    Siap kerja itu berarti sudah siap untuk bekerja, orang yang siap kerja harus mempunyai employability skills.

   Latar Belakang Masalah

    Karena belum siap kerja

MAKSUD DAN TUJUAN
   Maksud

    Agar jadi siap kerja

   Tujuan 

    Agar yang belum siap menjadi siap kerja

BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

    Siap kerja 

TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

    Bisa siap kerja

METODE PELAKSANAAN

    - Briefing

    - Diskusi

ALAT DAN BAHAN

    - Laptop

    - Koneksi internet

TARGET WAKTU

    5 jam

TAHAPAN PELAKSANAAN

    - Briefing

    - Diskusi

    Siap kerja itu berarti sudah siap untuk bekerja, orang yang siap kerja harus mempunyai Employability skills sebagai modal dan syarat wajib.

    Employability Skills merupakan suatu keterampilan yang memungkinkan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan atau dapat tetap bekerja, meliputi keterampilan personal, keterampilan interpersonal, sikap, kebiasaan, dan perilaku (Lankard, 1990).

    Employability skills dalam bahasa Indonesia biasa disebut Kecakapan Bekerja. Kecakapan ini merupakan keterampilan-keterampilan generik yang dituntut untuk diterapkan di berbagai variasi pekerjaan dan disiapkan untuk memasuki lingkungan kerja.

Aspek-aspek dalam Employability Skills

- Inisiatif

    Inisiatif yaitu ketika kita melakukan sesuatu tanpa di suruh/ keinginan kita sendiri, inisiatif sendiri mengacu pada motivasi, kamu melakukan ini motivasi mu apa? mau melakukan apa.

- Perencanaan dan pengorganisasian

    setelah tahu mau melakukan apa, kemudian di rencanakan dan diorganisasikan agar lebih teratur dan lebih fleksibel dalam melakukan sesuatu, perencanaan dan pengorganisasian juga mengacu pada tujuan mu melakukan ini apa? jadi tujuan itu harus jelas ketika mau melakukan apa.

- Manajemen diri

    Setelah tahu melakukan apa, sudah di rencanakan dan di organisasikan, selanjutnya adalah me-manajemen diri / mengatur diri, mengatur diri dalam artian bisa mengatur tenaga, pikiran, uang, waktu yang pada intinya mengatur semua yang biasa kita lakukan.

- Selalu belajar

    Ketika kita menemukan suatu masalah maka kita harus belajar bagaimana kita tidak melakukan hal yang bermasalah itu, jadi mencari solusi lain yang lebih baik dari sebelumnya.

- Mengikuti dan menggunakan teknologi

    sekarang zaman sudah maju semua menggunakan teknologi maka kita juga harus bisa menggunakan teknologi, tapi menggunakan teknologi yang sewajarnya / bijak.

- Komunikasi

    ketika seseorang bisa berkomunikasi maka ketika menyampaikan pendapat / pernyataan tidak akan sulit.

    Komunikasi ada 2:

1. Komunikasi verbal

2. Komunikasi non-verbal

    Komunikasi verbal

   komunikasi verbal adalah komunikasi yang berbentuk lisan ataupun tulisan, contohnya adalah penggunaan kata-kata dalam tulisan.

    Komunikasi non-verbal

   Komunikasi non-verbal adalah proses komunikasi di mana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata. Komunikasi non-verbal sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya penggunaan ekspresi wajah, sikap tubuh, serta gerak tubuh.

- Problem & Solving

   Ketika kita menemukan Problem bisa memberi Solving, tidak hanya menemukan problem terus tapi tidak bisa memberi Solving. kita bisa menemukan problem & Solving kita harus punya dasar-dasar nya terlebih dahulu maka kita akan mudah untuk melakukan Problem & Solving.

- Team Work

    Sebuah Team bisa dikatakan Team work ketika dasar-dasar dari Employability skills sudah diterapkan.

    Employability skills tidak bisa di dapatkan jika masih mengalami mental block, mental block harus di buka terlebih dahulu caranya bisa di lihat di sini. 

TEMUAN PERMASALAHAN DAN CARA PENYELESAIAN MASALAHNYA

    Permasalahan : apa yang se-harus dikerjakan masih di pikir ke jauhan 

    Solusi             : Di sinkronkan lagi apa yang di kerjakan itu  

KESIMPULAN YANG DIDAPAT

    Orang yang siap kerja itu harus punya Employability skills.

REFERENSI

    Buku Employability Skills lulusan SMK.pdf

Post a Comment