Siap kerja
PENDAHULUAN
Pengertian
Siap kerja itu berarti sudah siap untuk bekerja, orang yang siap kerja harus mempunyai employability skills.
Latar Belakang Masalah
Karena belum siap kerja
MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud
Agar jadi siap kerja
Tujuan
Agar yang belum siap menjadi siap kerja
BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Siap kerja
TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
Bisa siap kerja
METODE PELAKSANAAN
- Briefing
- Diskusi
ALAT DAN BAHAN
- Laptop
- Koneksi internet
TARGET WAKTU
5 jam
TAHAPAN PELAKSANAAN
- Briefing
- Diskusi
Siap kerja itu berarti sudah siap untuk bekerja, orang yang siap kerja harus mempunyai Employability skills sebagai modal dan syarat wajib.
Employability Skills merupakan suatu keterampilan yang memungkinkan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan atau dapat tetap bekerja, meliputi keterampilan personal, keterampilan interpersonal, sikap, kebiasaan, dan perilaku (Lankard, 1990).
Employability skills dalam bahasa Indonesia biasa disebut Kecakapan Bekerja. Kecakapan ini merupakan keterampilan-keterampilan generik yang dituntut untuk diterapkan di berbagai variasi pekerjaan dan disiapkan untuk memasuki lingkungan kerja.
Aspek-aspek dalam Employability Skills
- Inisiatif
Inisiatif yaitu ketika kita melakukan sesuatu tanpa di suruh/ keinginan kita sendiri, inisiatif sendiri mengacu pada motivasi, kamu melakukan ini motivasi mu apa? mau melakukan apa.
- Perencanaan dan pengorganisasian
setelah tahu mau melakukan apa, kemudian di rencanakan dan diorganisasikan agar lebih teratur dan lebih fleksibel dalam melakukan sesuatu, perencanaan dan pengorganisasian juga mengacu pada tujuan mu melakukan ini apa? jadi tujuan itu harus jelas ketika mau melakukan apa.
- Manajemen diri
Setelah tahu melakukan apa, sudah di rencanakan dan di organisasikan, selanjutnya adalah me-manajemen diri / mengatur diri, mengatur diri dalam artian bisa mengatur tenaga, pikiran, uang, waktu yang pada intinya mengatur semua yang biasa kita lakukan.
- Selalu belajar
Ketika kita menemukan suatu masalah maka kita harus belajar bagaimana kita tidak melakukan hal yang bermasalah itu, jadi mencari solusi lain yang lebih baik dari sebelumnya.
- Mengikuti dan menggunakan teknologi
sekarang zaman sudah maju semua menggunakan teknologi maka kita juga harus bisa menggunakan teknologi, tapi menggunakan teknologi yang sewajarnya / bijak.
- Komunikasi
ketika seseorang bisa berkomunikasi maka ketika menyampaikan pendapat / pernyataan tidak akan sulit.
Komunikasi ada 2:
1. Komunikasi verbal
2. Komunikasi non-verbal
Komunikasi verbal
komunikasi verbal adalah komunikasi yang berbentuk lisan ataupun tulisan, contohnya adalah penggunaan kata-kata dalam tulisan.
Komunikasi non-verbal
Komunikasi non-verbal adalah proses komunikasi di mana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata. Komunikasi non-verbal sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya penggunaan ekspresi wajah, sikap tubuh, serta gerak tubuh.
- Problem & Solving
Ketika kita menemukan Problem bisa memberi Solving, tidak hanya menemukan problem terus tapi tidak bisa memberi Solving. kita bisa menemukan problem & Solving kita harus punya dasar-dasar nya terlebih dahulu maka kita akan mudah untuk melakukan Problem & Solving.
- Team Work
Sebuah Team bisa dikatakan Team work ketika dasar-dasar dari Employability skills sudah diterapkan.
Employability skills tidak bisa di dapatkan jika masih mengalami mental block, mental block harus di buka terlebih dahulu caranya bisa di lihat di sini.
TEMUAN PERMASALAHAN DAN CARA PENYELESAIAN MASALAHNYA
Permasalahan : apa yang se-harus dikerjakan masih di pikir ke jauhan
Solusi : Di sinkronkan lagi apa yang di kerjakan itu
KESIMPULAN YANG DIDAPAT
Orang yang siap kerja itu harus punya Employability skills.
REFERENSI
Buku Employability Skills lulusan SMK.pdf
Posting Komentar